Wednesday, January 6, 2010

F: Sate dan Bakso



oke, setelah kemarin kita jalan2 di kota gudeg jogja, sekarang kita merambah keatas sedikit. lewat boyolali sedikit, di daerah pegunungan. kota yang terkenal dengan atmosfernya yang tenang, dan katanya eh katanya kota ini punya aura yang sangat baik untuk penyembuhan. kota itu bernamaaaa SALATIGA!

kota yang selalu bikin saya pengen balik lagi-lagi-lagi dan lagi. di kota ini banyak gedung-gedung tua dan menarik buat foto-foto. hehehe
buat para banci foto, silahkan berkunjung ke kota yang asri ini. Salatiga juga jadi tujuan wisatawan mancanegara loh. kalo yang satu ini saya nggaktau apa yang mereka cari,karena saya sih cuma nyari apa yang nyaman, tenang dan damaaaai..untuk nginep, disini sudah banyak hotel bertebaran, mulai dari yang kelas melati sampai bintang4..
dengan udara yang sejuk cenderung adem, salatiga memang pas buat bersantai. kalo udah santai-santai, jalan-jalan, masak ga nyobain makanan-makanan ajaib disana? rugi dong..

jadi begini ceritanya...
malem-malem kelaperan di Salatiga memang agak repot. sepanjang jalan yang kecil-kecil, penjual makanan udah pada tutup semua. paling banyak yang bisa ditemukan adalah penjual martabak, gorengan dan yang jual semacam ronde-rondean gitu. selain itu, untuk cari makanan berat susahh. (atau gue aje yang kagatau ye?)
setelah mencari dan mencari berkeliling kota, tibalah saya di jalan Jendral Sudirman. jalan ini adalah jalan utama dari kota Salatiga. celingak-celinguk, liat kiri-liat kanan..tukang martabak bertebaran dimana-mana. mau nggak mau kita menajamkan mata deh, liat kalo ada yang amsih buka selain martabak. ternyata di depan mata ada satu tempat yang rame, banyak mobil. ternyata jual Sate Suruh. haha. apa itu sate suruh? saya juga gaktau. makanya nyicip dong biar tau..
sate suruh adalah sate sapi yang dihidangkan dengan ketupat atau dengan nasi. sate sapi yang menurut saya sih manis rasanya, dimakan pake nasi/ketupat yang disiram pake saus kacang dan sambel kecap. wauuu..ternyata enyaak sodara-sodara. sambil makan,saya mengamati sekeliling. pada mesen apa lagi? ternyata mereka juga famous sama bakso-nya. karena penasaran, saya pun mesen bakso. bakso sederhana yang empuk dan enak. gurihnya gak maksa, ga berlebihan juga. pas deh pokoknya, apalagi dimakan malem-malem dingin-dingin dan laper-laper..haha..selain bakso, mereka juga punya mi ayam. pastinya dengan harga yang terjangkau kok untuk kantong.
baksonya dan mi ayam mereka kasih harga sekitar 6ribuan. untuk sate, sekitar 16.000.
soal rasa, tergantung selera. tapi kalo saya, saya ga akan ragu untuk mampir kesini lagi menikmati sate sapi dan bakso-nya. hihihi..udah makan bakso 2 mangkok dan satu porsi sate kok belum kenyang yaaaa.......
berminat nyicipin?
ayo dong main ke Salatiga..=)

3 comments:

blackgoat January 10, 2010 at 8:33 PM  

liat ini ngiler mulu daaah

Jumii January 12, 2010 at 5:42 AM  

Makanan yg semacam ronde-rondean itu makanan kek apa? Ronde bukannya janda dalam bahasa jawa ya? *jd binun sendiri*

luna January 13, 2010 at 3:00 AM  

tumben jumi binun... hehe.. yang artinya janda itu rondho jum... *or rondo gitu ya*

kalo ronde itu wedang jahe yang dikasih beberapa isian, kalo yang biasa ada di alun2 sih isiannya kacang tanah sangrai, roti tawar iris, bola2 ketan isi gula merah-atau kumbu kacang gitu-, sama irisan kolang kaling..

  © Blogger templates Brooklyn by Ourblogtemplates.com 2008 modified by: Adriel Shakti

Back to TOP