Friday, November 20, 2009

Zebra cross


Do you know what this is? Ini namanya ZEBRA CROSS, anak-anak. Zebra cross ini gunanya adalah sebagai marka jalan yang memberikan kemudahan bagi pejalan kaki untuk menyeberangi jalan. Jadi, kalau zebra cross ini ngga ada di tengah jalan, pejalan kaki HARAM untuk menyeberang. Coba lihat di sekeliling apa ada jembatan penyeberangan sebagai gantinya. Zebra cross biasanya dibuat di jalan yang banyak dilalui kendaraan bermotor tetapi juga lokasi strategis untuk para pejalan kaki menyeberang.

Zebra cross kalau dianalogikan seperti karpet merah yang dibentangkan untuk menghalalkan si pejalan kaki berlenggang bak raja jalanan. Kalau ada istilah "pelanggan adalah raja"di toko, di zebra cross "pejalan kaki adalah raja". Semua kendaraan WAJIB untuk memperlambat lajunya kalau ada zebra cross di hadapan. Terlebih kalau ada pejalan kaki yang mau menyeberang.

Di lain pihak, kalau para pejalan kaki mau menyeberang BUKAN di zebra cross, maka itu salahnya sendiri. Kalau ditabrak sama kendaraan beroda, mampus lah kau! emang enak. Gue udah gemes banget ngeliat pejalan kaki yang malas menyeberang lewat zebra cross, padahal zebra cross sudah tersedia beberapa meter di depannya. Gue juga kesel sama para pengendara kendaraan bermotor yang ngga mau memperlambat laju kendaraannya ketika berhadapan dengan zebra cross. Orang udah bagus lewat zebra cross, nurut sama peraturan, kendaraannya masih jalan kayak pertandingan kerbau lawan matador.

Nah, karena sepertinya masih banyak yang TOLOL dengan peraturan lalu lintas makanya gue kasih tau disini kegunaan zebra cross itu apa. Buat SIM-nya nyatut sih, makanya ngga belajar peraturan lalu-lintas. Agak udik memang gue ngerti.

Just FYI, Zebra Cross mulai digunakan pada tahun 1949 di Inggris. Tapi pada saat itu warnanya belum hitam putih, melainkan biru-kuning. Lalu zebra cross dikukuhkan dalam peraturan perundang-undangan lalu lintas pada tahun 1951.

Inggris juga memiliki variasi Zebra cross yang diberi warna kuning-hitam dan diberi nama Tiger crossing. Di salah satu kota milik Inggris, Aylesbury, mereka juga menggunakan Tiger crossing dengan warna kuning-hitam tetapi merubah namanya menjadi Toucan crossing (nama burung) yang warnanya memang kuning di bagian paruh dan hitam di bagian badan. Nah, kalo tempat penyebrangan boleh ganti nama sama warna lucu juga kali ya kalo coraknya boleh totol-totol. Misalnya seperti corak punya sapi. Namanya jadi Panther crossing atau Cow crossing. Lah ini yang mau nyebrang orang apa binatang sih..jadi bingung..human crossing? Atau yang sedikit mencerminkan budaya:bercorak batik..hmm..Batik crossing...#jempol.

5 comments:

jumiii November 20, 2009 at 5:20 AM  

Jadi kalo ditabrak perahu gak mampus ya, Mith? Kan gak beroda.
*perahunya digeret di jalan raya*

Sinyo November 21, 2009 at 6:45 AM  

*bayangkeun anak IHA buat zebra cross*

jumiii November 23, 2009 at 5:18 AM  

Disini warnanya putih-orange. Apa cross dunk itu namanya?

cesca November 25, 2009 at 2:41 PM  
This comment has been removed by the author.
Mithya November 29, 2009 at 1:15 PM  

Jumi: iya, kalo kendaraannya ngga beroda, ngga mampus cuma kelindes hehehe..putih orange jadi fanta cross *asaaaaallll

Sinyo:anak IHA buat zebra cross..hmm..yang pasti sepanjang jalan tiap 5 meter pasti ada terus warna warni penuh gambar gambar binatang, bukan pola kulitnya hwehehe..

  © Blogger templates Brooklyn by Ourblogtemplates.com 2008 modified by: Adriel Shakti

Back to TOP